Rayap

View Post →
Cara Membasmi Rayap Pada Furniture Kayu
Posted on

Ada banyak cara untuk membasmi rayap di rumah anda, walau cara mudahnya anda menggunakan jasa anti rayap, tapi anda juga bisa melakukannya di rumah anda tanpa harus membayar biaya yang lumayan mahal. Populasi rayap di Indonesia khususnya di Jakarta sudah sangat tinggi dan ada dimana-mana, berbeda dengan hama yang lain seperti tikus, kecoa, semut, lalat, yang sifatnya menganggu ketenangan dan kenyamanan. Tetapi rayap memiliki sifat merusak, iya mereka bisa merusak semua yang berbahan kayu, NDF, kertas, kardus, kain wol, bahkan gypsum.

Nah, rayap biasanya paling demen kalau makan furniture yang berbahan kayu seperti lemari, kitchen set, dan lain lain. Oleh karena itu, dari diri kita sendiri apakah bisa kita peduli atau tidak. Berikut tips untuk membasmi rayap di rumah :

Semprot Menggunakan Bahan Kimia

membasmi rayap dengan bahan kimiawi
Ini adalah cara paling mudah untuk ibu rumah tangga, anda tinggal membeli pestisida seperti baygon, hit, vape, dan sejenisnya, lalu semprotkan pada bagian yang sudah ter-indikasi oleh rayap, jika rayapnya ada di kusen, maka semprotkan terus sampai rayap benar-benar pada mati. Ada beberapa bahan aktif kimia yang kami rekomendasi-kan untuk membasmi rayap, seperti :

  • cypermethrin
  • zeta-cypermethrin
  • alpha-cypermethrin
  • imidacloprid
  • firponil
  • deltamethrin

Semua nya bagus, asal jangan lupa pakai APD ya, minimal pakai masker, agar bau kimia nya tidak terhirup melalui hidung kita.

Siram Pakai Oli

oli untuk basmi rayap
Menyiram menggunakan oli sebenarnya cara yang sangat tradisional dan terkesan jadul, karena secara logika-pun rayap akan mati jika menggunakan media apapun, pakai air putih saja rayap bisa mati hehehe. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba, hanya saja saran kami jangan sampai terciprat-ciprat ketika menuang oli nya, karena membersihkannya susah nantinya.

Taburi Kapur Barus

kapur barus untuk anti rayap
Nah, cara ini juga banyak orang lakukan. Jadi anda cukup membeli di warung klontong atau indomaret / alfamart, beli beberapa butir kapur barus, lalu dihancurkan (boleh menggunakan palu atau batu), lalu capmpurkan dengan air di gayung, lalu siram ke bagian yang ada rayapnya, dijamin rayap tepar semua.

Fumigasi

fumigasi basmi rayap
Nah, kalau fumigasi ini adalah cara terakhir dan cara paling ekstrim, jika belum pernah menggunakannya, sebaiknya jangan dulu. Karena fumigasi harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah professional dan berpengalaman di bidangnya. Jadi ketika dilakukan fumigasi, tidaki boleh ada aktifitas minimal 3 hari di ruangan tersebut, sehingga fumigan nya bekerja membasmi semua makhluk hidup sekecil apapun. Gas fumigan yang kami rekomendasikan ialah methyl bromide (C3Bhr) atau phophine (Ph3).